Selasa, 08 Februari 2011

17 Anak Ikuti AC Milan Junior Team di Milan

17 Anak Ikuti AC Milan Junior Team di Milan

Published on October 4, 2010 by admin   ·   No Comments Jakarta – Sebanyak 17 pemain muda berusia 10-16 tahun akan mengikuti AC Milan Junior Team Tournament yang berlangsung pada 12 hingga 19 Oktober mendatang di Milan. Ke-17 anak itu secara resmi dilepas Menteri Negara Pemuda dan Olahraga (Menpora) Andi Mallarangeng di Kantor Menpora, Senayan, Jakarta, Senin (4/10).
“Ini kesempatan bagi anak muda kita untuk bertanding dan ter-ekspose kemampuannya oleh para pencari bakat. Tentunya kami mendukung kegiatan-kegiatan seperti ini. Saya juga mengimbau agar kegiatan seperti ini dilakukan terus menerus dan tidak berhenti. Apalagi ini dilakukan pihak swasta,” kata Andi.
Menpora mengatakan, terselenggaranya AC Milan Junior Camp Tournament merupakan contoh dari partisipasi dan peran swasta yang konkrit untuk memajukan sepakbola Indonesia.
“Diperlukan adanya peran dan partisipasi konkrit dari berbagai pihak untuk pembinaan generasi muda serta memajukan olahraga khususnya persepakbolaan Indonesia, bukan hanya PSSI dan pemerintah tetapi juga dari seluruh stakeholder yang ada di Indonesia termasuk BUMN, pihak swasta dan masyarakat luas pecinta sepakbola,” ujarnya.
Kendati demikian, dia mengatakan, dalam mengembangkan sepakbola di Indonesia, langkah nomor satu dan paling utama adalah pembinaan anak usia dini di dalam negeri. Setelah pembinaan dalam negeri, baru kemudian kompetisi bagi atlet-atlet di usia dini.
Ricky Djoharli, Managing Director PT Asia Sports Development (AD) mengatakan, ke-17 anak itu merupakan hasil seleksi dalam ajang All Star Team Challenge 2010 dibuka langsung oleh Franco Baresi, legenda AC Milan pada 1-2 Mei lalu di Lapangan D Senayan. Menurut Ricky, bila ada dari 17 pemain muda ini memperlihatkan perfora bagus, maka tidak menutup kemungkinan akan direkrut masuk ke dalam akademi Milan.
“Ini untuk pertama kalinya Indonesia masuk ke dalam daftar 36 negara yang ambil bagian di AC Milan Junior Team Turnamen. Kalau ada pemain kita yang menonjol, maka mereka bisa ditarik ke dalam akademi Milan,” ujar Ricky.
Ditambahkan, 17 pemain ini merupakan hasil seleksi Milan Junior Camp yang digelar di Bali beberapa waktu lalu. Mereka menjalani dua seleksi, yakni pada 1-2 Mei lalu di Jakarta serta 12 Juni hingga 10 Juli di Bali.
Raffaele Paolino, salah satu tim pelatih akademi Milan, mengutarakan, keikutsertaan tim di turnamen itu akan mendapat pantauan langsung dari Franco Barresi dan Daniel Massaro.
“Kami dari AC Milan berharap bisa melakukan sesuatu yang penting untuk memenuhi impan anak-anak dengan memberikan pengalaman yang tak terlupakan sepanjang hidup mereka,” ungkap Paolino.
Saat ini future talent yang terjaring dari AC Milan Junior Camp Bali tengah berada di Jakarta dan dilatih oleh Raffaele Paolino, AC Milan Academy Coach dari AC Milan Junior Camp Tournament. Mereka dilatih selama dua minggu penuh, 27 September hinngga 12 Oktober.
Raffaele mengatakan selama enam hari berada di Jakarta, dia menerapkan dan melatih lima teknik utama strategi sepakbola ala AC Milan yang biasa dilakukan selama 365 hari dalam 1 tahun yaitu penguasaan terhadap bola, passing dan akurasi, penjagaan dan keluar dari penjagaan, shooting dan penyelesaian ke gawang, dengan kepala saat bermain bertahan dan menyerang.
Ditambahkannya, Tim Indonesia ini akan beangkat ke Milan dan mengikuti berbagai kegiatan diantaranya AC Milan Junior Team Tournament sejak 12 hingga 19 Oktober, melawan tim-tim dari negara lain sekaligus sebagai proses seleksi tahap akhir.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar